Biar Gak BAPER

Biar-Gak-BAPER

Walaupun tidak semua yang Anda rasakan itu benar — karena perasaan dapat menipu, namun tidak bisa disangkal bahwa perasaan atau hati adalah motivasi terbesar manusia untuk bertindak. Anda bisa menjelaskan panjang lebar agar orang lain paham, namun untuk membuat mereka bertindak atau bergerak, Anda perlu menyentuh hati mereka.

“Keep vigilant watch over your heart; that’s where life starts.”

Jantung, walaupun wujudnya kecil, namun mempengaruhi seluruh fungsi tubuh Anda. Hanya karena irama jantung tidak stabil dapat menyebabkan gagal jantung dan berakhir pada kematian. Hal yang sama dengan hati Anda. Apa yang dihasilkan hati Anda mempengaruhi kehidupan Anda. Hanya karena ‘irama’ hati Anda berantakan, hidup Anda pun bisa celaka.

Kualitas kehidupan Anda sangat tergantung pada kondisi hati. Makanya kalau Anda pandai menjaga hati, Anda pun bisa menjaga pikiran, dan kualitas hidup Anda pun meningkat. Bayangkan jika Anda banyak habiskan waktu Anda untuk baper, drama di tempat kerja, maka tidak heran pikiran Anda menjadi tumpul, dan pekerjaan Anda menjadi berantakan.

Pernah menjumpai orang-orang yang sebelum mereka mengerjakan sesuatu selalu bertanya, “apa untungnya buat gw?”?
Itu karena hati mereka kecil, pikirkan mereka hanya memikirkan hal-hal kecil, jadi gak heran kalau hidup mereka pun kecil.

Anda bisa ganti pekerjaan, pasangan Anda, tempat tinggal Anda, tapi kalau Anda tidak membereskan hati Anda, cepat atau lambat Anda akan alami hidup yang lama. Itu alasannya kenapa orang melakukan segala macam kecemaran, karena dimulai dari hati mereka (Ef 4:17–19).

Begitu juga ketika hidup Anda tidak dalam kondisi baik, keadaan bisa saja menjadi buruk, tapi kalau hati Anda baik, pikiran Anda menjadi benar, maka Anda akan melihat jalan yang berbeda pula.

Jaga hati Anda baik-baik. Perhatikan hal-hal apa yang bisa membangun hati Anda. Anda perlu kenali hati Anda. Apa dan siapa saja yang bisa membuat hati Anda penuh atau kosong. Bertemu dengan orang-orang positif dapat membangun hati Anda, sebaliknya, berlama-lama dengan orang-orang negatif akan dengan cepat menyebabkan hati Anda terasa kosong.

Joh Juda

Read more posts by this author.

Subscribe to

Get the latest posts delivered right to your inbox.

or subscribe via RSS with Feedly!