StartUp Connext Conference 2016: Bukti Indonesia Hebat!

StartUp-Connext-Conference-2016-Bukti-Indonesia-Hebat

Hari Sabtu lalu saya mendapat kesempatan untuk berbagi di hadapan teman-teman startup di Startup Connext Conference 2016 (#SCC2016), dengan tema, “How Social Media Can Scale Up Your Business”. Saya bisa bilang bahwa ini salah-satu acara terbaik di tahun ini.

Bukan karena jumlah pesertanya, karena saya yakin pasti ada yang jauh lebih banyak. Namun karena secara tidak langsung menunjukan bahwa Indonesia kuat dan kita punya masa depan di tangan startup kita.

Tidak ada yang menduga kalau SCC2016 ini selisih satu hari dengan aksi Damai 4 November 2016 yang berujung sedikit ricuh. Bahkan di beberapa tempat sempat terjadi gesekan masa. Ketegangan ini memicu berbagai reaksi, diantaranya teman-teman saya sudah bersiap untuk berangkat ke luar negeri, termasuk beberapa pembicara di SCC2016 mulai membatalkan di detik-detik terakhir karena akan berangkat ke LN.

Conference apa yang kehilangan para pembicaranya di detik-detik terakhir?

Tidak kalah pusingnya untuk masalah para pesertanya. Walaupun sudah 700 orang yang sudah registrasi, namun panitia sudah pasrah jika yang hadir kurang dari separuhnya.

StartUp-Connext-Conference-2016-Bukti-Indonesia-Hebat2

Namun yang terjadi pada hari H-nya justru berlawanan dari semua yang dikhawatirkan. Pada pagi hari semua pembicara confirm untuk hadir. Salah-satu direktur bank nasional bela-belain menyetir sendiri menuju venue ketika ia bisa saja memilih untuk beristirahat di dalam rumah dengan tentram. Salah-satu pemilik VC (venture capital) mengurungkan niatnya untuk terbang dan langsung menuju venue dari bandara. Salah-satu CEO dari sebuah startup bahkan bela-belain datang dari Belanda untuk mengisi conference ini.

“kenapa tidak jadi untuk terbang ke luar (negeri)?”, tanya saya.

Jawaban mereka kurang lebih seperti ini,“karena kami Indonesia. Dan kalau kami bisa berbagi, berbuat sesuatu untuk menginspirasi generasi ini menjadi lebih baik, maka kami memilih berada di sini.”.

Oke, kalimat ini memang sudah melalui penyuntingan agar mudah dan enak dibaca, tapi kurang lebih pesan yang mereka sampaikan demikian.

Demikian juga dengan para peserta yang memadati venue, kurang lebih ada 500–600 orang hadir dalam SCC2016. Pada wajah-wajah para peserta juga tidak tampak rasa takut atau tegang. Antusias mereka dalam mengikuti conference begitu luar biasa. Semua pembicara sepakat bahwa the audiences is hyped. Q&A adalah sesi di mana hampir semua peserta ingin bertanya padahal waktu tak bersisa banyak.

Prepare for the worst and hope for the best.

Apresiasi saya juga untuk para panitia yang sudah mempersiapkan event ini dengan begitu luar biasa. Panitia bisa saja berpikir untuk running dengan seadanya, toh pembicaranya banyak yang cancel. Toh peserta sudah bayar, jadi nothing to lose lah. Untungnya panitia SCC2016 tidak demikian dan bekerja secara maksimal dan excellent.

Melihat sikap para pembicara, antusias pesert yang hadir, juga dedikasi panitia acara, satu kata yang bisa saya katakan: INI EVENT LUAR BIASA. saya rasa kita bisa optimis bahwa Indonesia Hebat. Masyarakat kita sudah jauh lebih cerdas, lebih berani, dan ada harapan yang luar biasa untuk Indonesia di masa datang, khususnya untuk para startup Indonesia.

Joh Juda

Read more posts by this author.

Subscribe to

Get the latest posts delivered right to your inbox.

or subscribe via RSS with Feedly!