Selamat Tahun Baru! Dan Goal Itu Gak Penting.

New-Years-resolution-cute-comic
Selamat Natal dan tahun baru bagi teman-teman yang merayakan. Yes, karena bisa saja ada yang tidak merayakan tahun baru dengan tinggal dalam kenangan tahun lalu, baik itu dalam keberhasilan maupun dalam kegagalan.

Tahun 2023 banyak sekali saya baca teman-teman yang menyebut sebagai tahun roller coster, baik dalam kehidupan keluarga/pernikahan maupun dalam pekerjaan atau bisnis. Tidak bisa ditampik karena tahun lalu banyak sekali layoff yang dilakukan perusahaan, khususnya startup dan tech company, bahkan tidak sedikit pun perusahaan yang menutup bisnisnya. Di satu sisi sering kali ekonomi bisa menjadi salah-satu issue besar dalam urusan rumah tangga dan keluarga. Jadi ya roller coster-nya terjadi di pekerjaan dan rumah.

Buat saya sendiri tidak ingin menyebutnya sebagai tahun roller coster, karena sebenarnya setiap tahun kita alami hal yang sama sebenarnya. Kejutan-kejutan yang baik dan yang buruk, namun intensitasnya saja yang berbeda sehingga ketegangannya berbeda.

Bukan karena tahun 2023 baik-baik saja buat saya, sebaliknya, 2023 adalah tahun yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya -- setidaknya dalam 10 tahun terakhir.

2023: "My 2nd Chance"

Mungkin kalau 2023 diberikan judul dalam babak kehidupan saya, maka judul ini lah yang akan saya pilih. Menginjak 2023 adalah 40 tahun usia saya. Katanya sih life begins at 40, cuma menurutku istilah ini muncul karena sebenarnya ini kesempatan kedua (dan mungkin jadi yang terakhir) dalam hidup jika kita ingin memilih jalan yang berbeda dari langkah kita selama ini kita ambil. Nah, kesempatan ke dua ini yang sering kali dilihat sebagai pilihan untuk melakukan hal-hal yang sebelumnya tidak pernah dilakukan, termasuk 'kenakalan', makanya ada istilah puber ke2 di masa parubaya ini.

Namun sebenarnya ini waktu untuk memilih memantapkan langkah yang kita sudah ambil selama ini atau putar halauan memilih jalan/kesempatan yang berbeda. Usia 40 karena setidaknya kita masih memiliki waktu dan tenaga untuk bisa memulai sesuatu dari awal atau setidaknya dari tengah-tengah -- sebelum kita pensiun atau kehilangan tenaga dan nyali untuk membuat keputusan-keputusan penting.

Bagi yang mengenal saya bukan tipe yang suka dengan perubahan, saya tidak akan berubah kalau tidak sangat mendesak dan mungkin harus dipaksa oleh keadaan, dan itu yang terjadi di tahun 2023. Bahkan ketika saya sudah diberikan tandan dan jalan dari yang di atas, tetap saja saya terlalu keras kepala sampai Tuhan menolong saya dengan keadaan dan kondisi yang tidak bisa tidak untuk berubah.

Dari belasan tahun bergelut dengan marketing dan software, tahun 2023 memutuskan untuk pindah ke industri yang benar-benar baru dan sangat awam. Namun belajar untuk percaya dan mempercayakan hidup pada tuntunan dan penyertaan Allah.

2024:"Winners and Losers Have the same goals".

Biasanya diawal tahun kita akan ambil waktu untuk menentukan goal dan taret apa yang kita capai dan lakukan di tahun ini. Baik itu dalam pekerjaan, di keluarga atau secara individu. Namun quotes di atas benar-benar menampar saya. Yang menang dan yang kalah dalam sebuah pertandingan punya goal yang sama, tujuan yang sama, yaitu memenangkan pertandingan. Perusahaan yang tahun lalu berhasil dan perusahaan yang gagal gulung tikar pun punya goal yang sama, profitabilitas. Namun goal saja tidak cukup, bahkan dalam titik tertentu gak penting, karena kita tahu goalnya apa. Goal yang sama juga yang tahun lalu kita buat dan tidak kita capai di akhir tahun.

Tujuan goal dibuat untuk menentukan arah, namun sistem lah yang dibutukan untuk membuat progress. Hanya ketika kita menerapkan sistem perbaikan kecil yang berkelanjutan barulah kita dapat mencapai hasil yang berbeda.

Dan sistem dibuat untuk manusia, bukan manusia untuk sistem. Artinya sistem dapat berubah, agile, karena tujuan sistem dibuat untuk membentuk habit manusia.

Pada akhirnya antara pemenang dan yang kalah bukan ditentukan dari goal yang mereka buat, namun pada habit/kebiasaan-kebiasaan yang mereka bangun untuk mendekatkan keberhasilan pada goal yang mereka buat.

Tahun 2024 fokus pada habit baru apa yang ingin kita bangun melalui sistem yang akan mendekatkan diri kita pada goal kita di tahun ini.

Semoga tahun ini dapat kita tutup dengan sangat baik. Dan langkah itu dimulai dari hari pertama kita masuk di tahun ini. Selamat tahun baru!

Joh Juda

Read more posts by this author.

Subscribe to

Get the latest posts delivered right to your inbox.

or subscribe via RSS with Feedly!